Kamis, 06 September 2012

5 lukisan berharga

Ini 5 Lukisan Berharga Triliunan Rupiah 

(dok Telegraph)
The Card Player Laku Rp 2,44 triliun Lukisan karya seorang seniman Prancis, Paul Cezanne, ini terjual seharga 160 juta poundsterling (Rp 2,44 triliun), seperti yang diberitakan Daily Mail pada 4 Februari 2012. Lukisan ini dibeli oleh seorang bangsawan dari Qatar pada tahun 2011 dari seorang konglomerat perkapalan Yunani, George Embiricos.

Daily Mail menyebutnya sebagai penjualan karya seni termahal dalam sejarah. Sementara Qatar disebut-sebut sebagai negara pembeli karya sastra terbesar di dunia.

Sesuai dengan judulnya, The Card Player, lukisan yang dibuat pada tahun 1893 ini menggambarkan dua orang pria yang sedang bermain kartu. Dua orang pria dalam lukisan ini adalah anggota keluarga dari sang pelukis, dengan latar belakang rumah pristirahatan keluarga di kota Aix-en Provence, Prancis.
2
(dok Tenthings.co.uk)
No 5 1948 Laku Rp 1,51 triliun Lukisan yang diberi judul No. 5, 1948 adalah sebuah lukisan abstrak karya pelukis asal Amerika Serikat, Jackson Pollock. Lukisan yang dibuat pada 28 Januari 1912 - 11 Agustus 1956 ini terjual seharga 99 juta poundsterling (Rp 1,51 triliun) pada tahun 2006. Sang pembeli adalah seorang ahli keuangan dari Meksiko, David Martinez.

Martinez membelinya dari tokoh pengusaha hiburan terkemuka di Hollywood sekaligus pendiri Dreamworks SKG, David Geffen. Demikian diberitakan oleh The News York Times pada 2 November 2006.

Lukisan ini dibuat di sebuah papan fiber berukuran 8x4 kaki. Goresan cat warna coklat dan kuning di atasnya yang tampilannya seperti sarang.

Lukisan-lukisan karya maestro merupakan karya seni yang biasanya menjadi barang koleksi masyarakat kalangan atas. Selain untuk koleksi pribadi, hobi mengoleksi lukisan bisa juga menjadi pilihan investasi menjanjikan. Beberapa orang kaya raya di dunia rela merogoh kocek hingga triliunan rupiah untuk menambah koleksinya. 

(dok Business Insider)
Woman III Laku Rp 1,48 triliun Lukisan abstrak yang menampilkan sosok seorang wanita ini diciptakan oleh pelukis kelahiran Belanda, Willem De Kooning, pada kisaran tahun 1952-1953. Lukisan ini terjual seharga 97,5 juta pound sterling (Rp 1,48 triliun) pada tahun 2006. Sang pembeli ada miliarder asal Amerika Serikat, Steven A Cohen. Demikian diberitakan oleh The New York Times pada 18 November 2006.

Steve membelinya saat ia berulangtahun ke 50. Pemilik sebelumnya adalah pengusaha hiburan terkemuka di Hollywood sekaligus pendiri Dreamworks SKG, David Geffen yang menjual lukisannya melalui perantara di Manhattan, AS, Larry Gagosian. 

Women III adalah satu di antara enam seri lukisan karya Willem yang bertemakan wanita. Sejak tahun 70an merupakan koleksi Museum Seni Kontemporer Teheran sampai akhirnya dibeli oleh Geffen pada tahun 1994.

(dok Telegraph)
Portrait of Adele Bloch-Bauer Laku Rp 1,45 triliun Lukisan yang menampilkan sosok seorang wanita bernama Adele Bloch-Bauer ini dibeli seharga 95,2 juta pound sterling (Rp 1,45 triliun) oleh seorang pengusaha kosmetik, Ronald S Louder. Lukisan ciptaan pelukis Austria ini sempat disita oleh Nazi saat menduduki Austria.

Lukisan ini dibuat di Wina, Austria, atas permintaan suami dari sang model Adele, Ferdinan Bloch-Bauer pada tahun 1970. Sementara pemiliknya saat ini, Louder, mengatakan lukisan ini baginya adalah Monalisa.

0 komentar:

Posting Komentar