Kamis, 20 September 2012

Samsung Series 5 Ultrathin Notebook, Kekuatan AMD di Tubuh yang Sangat Tipis


Samsung Series 5 Ultrathin Notebook, Kekuatan AMD di Tubuh yang Sangat Tipis

Expert Review Main Image
Antara notebook atau netbook, mungkin adalah posisi yang tepat untuk menggambarkan Samsung Ultrathin 5 Series 535U3C. Dia sekuat notebook tapi setipis, seringan netbook. Seperti membawa komputer utama yang kita pakai untuk bekerja, bersosial, bermain tanpa melelahkan punggung atau tangan kita saat membawanya.

5 Series berprosesor AMD Trinity A6-4455M APU yang telah terintegrasi dengan graphics AMD Radeon HD7500G, yang mendongkrak performa gambar sebanyak 56%, di dalam prosesornya. Kekuatan itu, ditambahkan dengan tempat penyimpanan 500GB dan memori 4GB sudah menjadi syarat kuat menjadi komputer utama. Segala kekuatan itu dibungkus di tubuh yang hanya setebal 17.6mm dan berat 1.52kg dengan layar Superbright anti reflective 13.3”.

Saat ini netbook memang memfokuskan untuk komputasi awan (cloud), maka dari itu kita sering lihat netbook tidak menghadirkan CD/DVD writer, atau tempat penyimpanan yang besar. 5 Series hadir tanpa CD/DVD writer untuk menjaga bentuk tetap ringan dan tipis namun menghadirkan tempat penyimpanan yang jauh lebih besar dari netbook lain, 500GB.

Blibli.com mencoba menyalakannya dan cukup terkesan dengan booting timenya. Dari keadaan mati, membutuhkan hanya sedikit lebih dari 20 detik untuk siap dipakai. Namun dari keadaan tidur, 5 Series membutuhkan waktu kurang dari 2 detik untuk terjaga. Ini sangat cepat. Pada umumnya kita hanya mematikan laptop kita disaat penggunanya mengakhiri harinya untuk tidur di malam hari dan menyalakannya lagi di pagi hari. Sisanya, laptop biasanya akan tertidur. Selain itu, baterainya bisa bertahan untuk 1500 kali diisi ulang (life cyle) atau sama dengan 3 tahun bebas mengganti baterai.

Untuk konektivitas, cukup mengagetkan bahwa 5 Series juga sudah siap dengan 4 in 1 card reader, HDMI port dan USB 3.0, selain 2 USB 2.0 yang sudah ada. HDMI adalah pilihan untuk menambahkan layar seandainya kita punya televisi atau monitor dengan pilihan konektifitas HDMI, seandainya kita menginginkan layar lebih besar dari 13.3”. Lalu, seberapa cepat sebenarnya USB 3.0? USB 3.0 adalah 6 kali lebih cepat dari FireWire dan 10 kali lebih cepat dari USB 2.0!

Samsung sudah lebih dulu meluncurkan 9 Series yang memang lebih tipis dan berprosesor Intel. Namun, 5 Series hadir untuk memberikan pilihan dengan budget yang lebih terjangkau. 9 Series dibanderol diatas 12 juta sedangkan 5 Series dijual dengan harga hanya Rp. 6.599.000 pada masa promo awal. Blibli.com bukan hanya menawarkan harga terjangkau tadi, tapi juga dengan banyak bonus. Jadi? Tunggu apa lagi?

0 komentar:

Posting Komentar